Sunday 3 July 2011

Betapa Indah Silaturahim Itu. .

Waktu terasa semakin berlalu tinggalkan cerita tentang kita. . . merinding rasanya tiap dengerin lagu itu, sejuta makna tersimpan tersimpul tersurat serta tersirat dalam lirik lagu tersebut…

Kita tahu atau bahkan sangat mengetahuinya tapi kadang kita tidak sadar dan menyadarinya, contohnya saja aku. Aku yang belum banyak mensyukuri segala kenikmatan yang telah ku peroleh, aku yang masih berpikir pragmatis bahwa kenikmatan itu adalah jika apa yang kuinginkan dan kubutuhkan tercapai dan terpenuhi . itulah suatu kenikmatan yang tiada tara.. memang itu pun aku rasa tidak salah karena itu memang benar adanya, dan jangalah lupa untuk bersyukur Alhamdulillah.

Tapi tahukah kamu?? Dan baru sadarkah diriku tentang nikmat-nikmat yang aku lupakan untuk mensyukurinya. Nikmat dimana aku bisa melihat, meraba, merasa,menghirup udara, mendengar, berbicara, bejalan, menulis, bergerak, dan masih banyak nikmat lainnya tentunya nikmat kesehatannku dan waktu luang yang aku miliki sehingga aku bisa menjalani hidup ini. Jika satu saja dari kenikmatan itu lenyap maka terasa sempitlah dunia ini meskipun sebelumnya kita tidak menyadari akan nikmat tersebut.

Aku pun baru menyadari akan suatu nikmat yang memang benar-benar aku sadari dan aku tersedar setelah melalui perbincangan dengan seorang ‘kawan tua’, selepas perkuliahan selesai tanpa sengaja di kosan temanku mulailah dibuka obrolan yang cukup menarik bagiku hingga tak terasa matahari akan segera tenggelam dan akhirnya perbincangan tersebut pun ditutup.

Ilmu bisa kita dapat dimana saja, cerita dari seseorang yang mempunyai pengalaman lebih. Bercerita tentang berbagai hal dan salah satunya suatu obrolan (bukan cerita) yang maknanya benar-benar bermakna sampai terpikirkan hingga aku menulis ini. Dia berkata “ Nikmat teh sanes saukur nu karaos ku raga wae atawa nu ngeusian peujit tapi nikmat teh seueur pisan… salah sahiji nu jarang kasadar teh nyaeta nikmat silaturahim”. . dan waktu itu aku terdiam dan berpikir benar sekali apa yang dikatakan oleh kawan tua ku itu..bahwa kita sering tidak sadar akan indahnya nikmat bersilaturahim… Terasa suatu keindahan dari silaturahim adalah ketika silaturahim tersebut kian renggang, baru terpikirlah betapa indahnya masa itu, masa ketika kita masih berada dalam silaturahim yang begitu erat.

Mungkin banyak hal yang dapat menjadi contoh nyata dari betapa indahnya nikmat silaturahim..

Dahulu sewaktu SMA saya merasa biasa saja bertemu dengan teman-teman dan guru yang ada di sekolah, tetapi ketika graduasi di depan mata mulai muncullah kenangan-kenangan indah di masa SMA yang rasanya ingin terulang kembali. Teman-teman yang dulu aku anggap biasa saja saat bertemu mereka karena setiap hari pun kita pasti bertemu tapi ketika di akhir.. sungguh luar biasa membanggakannya mengenal mereka, dan beruntungnya aku menjadi teman dari orang-orang yang begitu membanggakan.

Contoh yang lebih sempitnya adalah silaturahim dengan teman yang begitu dekat dengan kita, meskipun kadang jauh di mata dan entah dimana tetapi selalu dekat di hati. Terkadang ketika masih dekat, sering kita mengacuhkannya, mengabaikannya, melalui hari dengannya merasa biasa saja meskipun ada moment yang pastinya terasa sangat indah.

Namun waktu yang berlalu menyebabkan silaturhmi yang dekat itu menjadi renggang dan sampailah pada suatu kata PUTUS tanpa ada komunikasi. Lalu apa yang terasa, hati merasa sedih dengan semua kenangan yang berlalu.

Seperti baid lagu tadi bahwa waktu terasa semakin berlalu tinggalkan cerita tentang kita, kenangan yang hanya bisa dikenang dan tak mungkin dapat bisa kembali karena waktu itu berjalan maju. .

Last but not least, tak ada kata terlembat selama silaturahim itu masih bisa dilakukan bahkan menjalin silaturahim dengan orang yang telah memutuskan silaturahim dengan kita merupakan amal perbuatan baik. Silaturahim so sweet. . bahkan kemarin aku sempat mengikuti suatu training dan kata motivator di training itu senantiasalah bersilaturahim karena kesuksesan yang ia peroleh pun banyak diperoleh melalui silaturahim..

Dengan silaturahim juga bisa membuka pintu rezeki dan membuat panjang umur. . .

Salam silaturahim ku sampaikan untuk semuanya.. J

No comments:

Post a Comment

 
Convert By NewBloggerTemplates Wordpress by WpThemesCreator